Social Icons

Pages

Rabu, 23 November 2016

Ini Alasan Belajar Harus di Bimbel

Mendekati tahun ajar baru atau ujian-ujian, anak sekolah biasanya akan memikirkan atau terganggu dengan tawaran dari berbagai bimbel. Ada yang ga ambil pusing, ada juga yang mikir-mikir masuk bimbel. Alasan seperti : waktu, cocok enggak, dan biaya jadi pertimbangan. Tapi jujur, bimbel itu perlu ga sih?

Jawabannya yang aman tergantung. Kalau dibilang enggak perlu, ada juga kasus-kasus tertentu dimana peran bimbel sangat mempengaruhi masa depan juga. Tapi kalau dibilang perlu, bimbel bukan satu-satunya penjamin masa depanmu.

Apalagi biaya bimbel, ga semurah harga pamflet promosinya yang dari kertas bekas. Biaya bimbel aja bisa lebih mahal daripada biaya sekolah. Ga kebayang berapa uang yang melayang? Jadi sebenernya aku mau bilang kalau bimbel tuh enggak terlalu perlu. Menurut pengalaman, habis uang banyak tapi kalau pribadinya emang ga niat ya tetep aja. Ada beberapa faktor yang membuat bimbel bukan suatu hal wajib.

Tidak Intim
Bimbel saat ini banyak peminatnya. Efeknya bimbel akan membagi kelasnya dalam skala besar tiap ruang. Hampir sama kayak sekolah tipenya, terus bedanya apa? Terkadang malah lebih banyak juga. Menurutku, jadi ga nyaman karena pasti ga fokus karena suasananya.

Untung Bimbel
Hal ini bukan masalah biaya sih. Tapi kedepannya, semisal kamu bener-bener sudah cerdas banget lalu kamu masuk bimbel karena ikut-ikut. Nanti kesuksesanmu akan ditutup oleh bimbel. Kerja kerasmu sendiri kayaknya ga dianggep, karena bimbel itu yang punya kamu. Liat kan, banyak anak yang dipamerkan pada pamflet promosi. Anak yang nomer 1 UN se-Indonesia yang diakui bukan kerja keras anaknya, melainkan nama besar bimbelnya.

Biaya Tidak Murah
Satu hal ini sebetulnya sudah dapat menggugurkan niatan masuk bimbel. Kebayang sih jutaan itu, bisa dibuat beli apa aja? Terus semisal udah males nanti jadi eman ga sih uangnya? Padahal belajar dengan 'sedikit paksaan' juga ga terlalu baik buat niat.
Tapi meskipun begitu bimbel memang dibutuhin, Jika...
1. Kamu nggak bisa belajar sendiri
Kalau kamu justru nggak bisa belajar sendiri, ikut bimbel bisa menjadi pilihan yang tepat.Karena di bimbel, ada banyak tentor yang bisa kamu “ganggu” untuk membantu segala  ketidaktahuanmu dalam pelajaran. Mereka juga tentunya akan memberikan metode, tips dan trik super asik agar kamu  dapat menyerap materi pelajaran dengan lebih baik.
2. Kurang puas di sekolah
Mungkin kamu merasa kurang puas di sekolah, entah karena gurunya sering absen, materi yang disajikan kurang lengkap, materinya memang susah, atau karena kamu nggak cocok dengan metode ajar guru kamu.
3. Butuh belajar secara intensif
"Belajar intensif" bisa berarti berbeda-beda bagi setiap pelajar. Ada siswa yang butuh belajar intensif setiap musim ulangan, ada yang hanya butuh belajar intensif di tahun terakhir sekolah.
Sekali lagi, ini balik lagi ke gaya belajar kamu, ya. Kalau di kondisi-kondisi tersebut kamu masih bisa belajar sendiri, ya kamu nggak usah ikutan bimbel. Ikut bimbel nggak menjamin kelulusan, kok!
***
Saranku, jangan sekali-sekali ikutan bimbel cuma karena ikut-ikutan teman. Ingat, gaya belajar kamu enggak selalu sama dengan temanmu! Lebih baik kamu cari tahu lebih jauh gaya belajar seperti apa yang cocok sebelum memutuskan apakah ikutan bimbel adalah pilihan terbaik untukmu.
Jujur, aku prefer buat ikut les privat (kelompok kecil) aja. Karena itu memang akan membantu mulai dari ketenangan dan kejelasan. Selain itu, kamu juga bisa milih sendiri sama siapa aja, kamu juga bisa milih mata pelajaran yang kamu rasa susah. Tapi les privat bukan harus mahal lho ya! Minta bantuan guru-gurumu, biasanya guru-guru dengan senang hati membantu.

refrensi :

youthmanual.com
 
 
Blogger Templates